Rukun Islam

Selasa, 30 November 2010 0 komentar
Para ulama menetapkan setiap umat Islam mesti mematuhi 5 perkara asas dalam Islam yang dikenali sebagai Rukun Islam yang terdiri daripada lima perkara iaitu:-
  1. Mengucap dua kalimah Syahadat
  2. Menunaikan Sholat fardu lima waktu
  3. Berpuasa pada bulan Romadhon
  4. Membayar Zakat - Zakat Fitra, Zakat Harta
  5. Mengerjakan Haji di Mekah bagi mereka yang mampu
Selain itu, penganut agama Islam juga perlu percaya kepada 6 Rukun Iman,


Rukun Islam:

Syahadah

Rencana utama: Syahadat

Mengucap dua kalimah Syahadat yaitu

Tiada Tuhan Melainkan Allah;
Muhammad Itu Pesuruh Allah.

 "Allah menerangkan (kepada sekalian makhlukNya dengan dalil-dalil dan bukti), bahawasanya tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang sentiasa mentadbirkan (seluruh alam) dengan keadilan dan malaikat-malaikat serta orang-orang yang berilmu (mengakui dan menegaskan juga yang demikian); tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia; Yang Maha Kuasa, lagi Maha Bijaksana."
(Surah Ali 'Imron: 18)


Sholat   

Rencana utama: Sholat

Solat adalah ibadat fardu yang wajib dilakukan oleh orang Islam lima kali sehari. Sholat lima waktu ini dikenali sebagai Sholat Fardu atau Sholat yang Wajib dilakukan.

 " Kemudian apabila kamu telah selesai mengerjakan Sholat, maka hendaklah kamu menyebut dan mengingati Allah semasa kamu berdiri atau duduk dan semasa kamu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa tenteram (berada dalam keadaan aman) maka dirikanlah Sholat itu (dengan sempurna sebagaimana biasa). Sesungguhnya Sholat itu adalah satu ketetapan yang di Wajibkan atas orang-orang yang beriman, yang tertentu waktunya. " - (Surah An-Nissa': 103)



Waktu Sholat telah ditentukan masanya
  • Sholat Subuh   (Sekurang-kurangnya sejam setengah sebelum matahari terbit)
  • Sholat Duhur   (Baru sahaja selepas tengah hari)
  • Sholat Asyar   (Waktu petang)
  • Sholat Mahrib (Baru sahaja selepas matahari terbenam)
  • Sholat Isyak    (Sekurang-kurangnya sejam setengah selepas matahari terbenam)
Sebelum Sholat dapat dilakukan, seorang harus membersihkan diri daripada Hadas Besar dan Hadas Kecil Pembersihan hadas kecil dikenali sebagai Wudhu, Manakala pembersihan hadas besar pula adalah Mandi wajib (ghusl).
Solat harus dilakukan dalam Bahasa Arab yakni bahasa Al-Qur'an Ketika Sholat orang Muslim hendaklah Berdiri tegak (bagi siapa yang mampu), Rukun Sujud sambil menghadap ke arah Kiblat yakni menghadap Ka'bah di Makkah Ianya berakhir dengan memandang ke kanan dan kemudian ke kiri, menyebut "Assalamu 'alaikum" bermaksud salam sejahtera bagimu.

Puasa  

Rencana utama: Ibadah Puasa

" Wahai orang-orang yang beriman, telah diwajibkan ke atas kamu berPuasa sebagaimana telah diwajibkan ke atas umat-umat yang sebelum kamu, semoga kamu menjadi orang-orang yang bertaqwa.(Surah Al-Baqoroh: 183)

" (Puasa yang diwajibkan itu ialah) beberapa hari yang tertentu; maka sesiapa di antara kamu yang Sakit atau dalam Musyafir, (bolehlah dia berbuka), kemudian Wajib dia berpuasa sebanyak (hari yang dibuka) itu pada hari-hari yang lain; dan Wajib atas orang-orang yang tidak terdaya berpuasa (kerana tua dan sebagainya) membayar Fidyah iaitu memberi makan orang miskin. Maka sesiapa yang dengan sukarela memberikan (bayaran Fidyah) lebih dari yang ditentukan itu, maka itu adalah suatu kebaikan baginya dan (walaupun demikian) berpuasa itu lebih baik bagi kamu (daripada memberi Fidyah), kalau kamu mengetahui. " -(Surah Al-Baqoroh: 184)
" (Masa yang diwajibkan kamu berpuasa itu ialah) bulan Romadhon yang padanya diturunkan Al-Quran, menjadi petunjuk bagi sekalian manusia dan menjadi keterangan-keterangan yang menjelaskan petunjuk dan (menjelaskan) perbezaan antara yang benar dengan yang salah. Oleh itu, sesiapa dari antara kamu yang menyaksikan anak bulan Ramadan (atau mengetahuinya), maka hendaklah dia berpuasa bulan itu dan sesiapa yang sakit atau dalam Musyafir maka (bolehlah dia berbuka, kemudian wajiblah dia berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. (Dengan ketetapan yang demikian itu) Allah menghendaki kamu beroleh kemudahan dan Dia tidak menghendaki kamu menanggung kesukaran dan juga supaya kamu cukupkan bilangan Puasa (sebulan Ramadan) dan supaya kamu membesarkan Allah kerana mendapat petunjukNya dan supaya kamu bersyukur. " -(Surah Al-Naqoroh: 185)

Zakat

  Rencana utama: Zakat

Zakat dari segi syarak adalah mengeluarkan sebahagian daripada harta yang tertentu kepada golongan tertentu apabila cukup syarat-syaratnya.

" Pada hal mereka tidak diperintahkan melainkan supaya menyembah Allah dengan mengikhlaskan ibadat kepadaNya, lagi tetap teguh di atas Tauhid dan supaya mereka mendirikan Sholat serta memberi Zakat dan yang demikian itulah agama yang benar." (Surah Al-Baiyinah: 5)

" Ambillah (sebahagian) dari harta mereka menjadi sedekah (zakat), supaya dengannya engkau membersihkan mereka (dari dosa) dan mensucikan mereka (dari akhlak yang buruk) dan doakanlah untuk mereka, kerana sesungguhnya doamu itu menjadi ketenteraman bagi mereka dan (ingatlah) Allah Maha Mendengar, lagi Maha Mengetahui. " (Surah At-Taubah: 103)

" Sesungguhnya sedekah-sedekah (zakat) itu hanyalah untuk orang-orang fakir, dan orang-orang miskin dan amil-amil yang mengurusnya dan orang-orang mualaf yang dijinakkan hatinya dan untuk hamba-hamba yang hendak memerdekakan dirinya, dan orang-orang yang berhutang dan untuk (dibelanjakan pada) jalan Allah, dan orang-orang musafir (yang keputusan) dalam perjalanan. (Ketetapan hukum yang demikian itu ialah) sebagai satu ketetapan (yang datangnya) dari Allah. Dan (ingatlah) Allah Maha Mengetahui, lagi Maha Bijaksana. " (Surah At-Taubah)

 

Menunaikan haji

 Rencana utama: Haji

Semua orang Islam yang mampu wajib mengerjakan Haji, tidak berkira asal-usul mereka. Umat Islam harus mengerjakan rukun ini sekurang-kurangnya sekali dalam hidup mereka.

" Di situ ada tanda-tanda keterangan yang nyata (yang menunjukkan kemuliaannya; di antaranya ialah) Makam Nabi Ibrahim dan sesiapa yang masuk ke dalamnya aman tenteramlah dia dan Allah mewajibkan manusia mengerjakan ibadat Haji dengan mengunjungi Baitullah iaitu sesiapa yang mampu sampai kepadanya dan sesiapa yang kufur (ingkarkan kewajipan ibadat Haji itu), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak berhajatkan sesuatu pun) dari sekalian makhluk. " (Surah Ali-Imron: 97)
Semasa haji para Muslim mengingati peristiwa penting yang berlaku dalam Sejarah Islam, Penyelidik Muslim dan Barat mendapati cara penunaian haji ini berasal dari cara Nabi Muhammad s.a.w. melakukakannya

Semasa haji, umat Muslim tiba di Pelabuhan Jeddah, dan berjalan ke Makkah. Berdekatan dengan Makkah, umat Muslim menukar ke pakaian putih yang dipanggil Ihram. Kaya atau miskin, hitam atau putih, semuanya berdiri sama rata.


Rukun Iman:

Para ulama menetapkan setiap umat Islam mestilah percaya kepada 6 perkara asas dalam Islam yang dikenali ramai sebagai Rukun Iman:-
  1. Percaya kepada Allah
  2. Percaya kepada Nabi-Nabi dan Rasul-Rasul-Nya
  3. Percaya kepada Malaikat-Malaikat-Nya
  4. Percaya kepada Kitab-Kitab
  5. Percaya kepada Hari Akhir
  6. Percaya kepada Qodho' dan Qodar
Selain itu penganut Agama Islam juga perlu mematuhi 5 Rukun Islam.

Dalil Al Quran tentang Rukun Iman

" Wahai orang-orang yang beriman! Tetapkanlah iman kamu kepada Allah dan RasulNya, dan kepada Kitab Al-Quran yang telah diturunkan kepada RasulNya (Muhammad s.a.w) dan juga kepada Kitab-kitab Suci yang telah diturunkan dahulu daripada itu dan sesiapa yang kufur ingkar kepada Allah dan Malaikat-malaikatNya, dan Kitab-kitabNya dan Rasul-rasulNya dan juga Hari Akhirat, maka sesungguhnya dia telah sesat dengan kesesatan yang amat jauh." (Surah An-Nisa': 136)

Dari ayat diatas Rukun Iman disebutkan hanyalah lima perkara iaitu
  1. Percaya kepada Allah
  2. Percaya kepada Nabi-Nabi dan Rasul-Rasul-Nya
  3. Percaya kepada Malaikat-Malaikat-Nya
  4. Percaya kepada Kitab-Kitab
  5. Percaya kepada Hari Akhir
Tidak disebut rukun iman ke-6 yaitu
  1. Percaya kepada Qodho' dan Qodar
Kewajipan beriman kepada Qodho' dan Qodar sememangnya tidak diterangkan di dalam ayat 136 surah an-Nisaa'. Namun begitu, Rukun Iman ke-6 yang digariskan oleh Rasulullah tetap mempunyai asas di dalam al-Quran berdasarkan kepada ayat-ayatnya yang lain iaitu:-

" Tidak ada sesuatu kesusahan (atau bala bencana) yang ditimpakan di bumi dan tidak juga yang menimpa diri kamu, melainkan telah sedia ada di dalam Kitab (pengetahuan Kami) sebelum Kami menjadikannya; sesungguhnya mengadakan yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. (Kamu diberitahu tentang itu) supaya kamu tidak bersedih hati akan apa yang telah luput daripada kamu dan tidak pula bergembira (secara sombong dan bangga) dengan apa yang diberikan kepada kamu dan (ingatlah), Allah tidak suka kepada tiap-tiap orang yang sombong takbur, lagi membanggakan diri. (Surah Al-Hadid: 22-23)

Dalil Hadis tentang Rukun Iman

Hadis riwayat Abu Hurairah ra., ia berkata:

" Pada suatu hari, Rasulullah saw. muncul di antara kaum muslimin. 

Lalu datang seorang laki-laki dan bertanya: Wahai Rasulullah, apakah Iman itu?

Rasulullah saw. menjawab: Engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, pertemuan dengan-Nya, rasul-rasul-Nya dan kepada hari berbangkit.
Orang itu bertanya lagi: Wahai Rasulullah, apakah Islam itu?

Rasulullah saw. menjawab: Islam adalah engkau beribadah kepada Allah dan tidak menyekutukan-Nya dengan apa pun, mendirikan solat fardu, menunaikan zakat wajib dan berpuasa di bulan Ramadan.
Orang itu kembali bertanya: Wahai Rasulullah, apakah Ihsan itu?

Rasulullah saw. menjawab: Engkau beribadah kepada Allah seolah-olah engkau melihat-Nya. Dan jika engkau tidak melihat-Nya, maka sesungguhnya Dia selalu melihatmu.
Orang itu bertanya lagi: Wahai Rasulullah, kapankah hari kiamat itu?

Rasulullah saw. menjawab: Orang yang ditanya mengenai masalah ini tidak lebih tahu dari orang yang bertanya. Tetapi akan aku ceritakan tanda-tandanya; Apabila budak perempuan melahirkan anak tuannya, maka itulah satu di antara tandanya. Apabila orang yang miskin papa menjadi pemimpin manusia, maka itu tarmasuk di antara tandanya. Apabila para penggembala domba saling bermegah-megahan dengan gedung. Itulah sebagian dari tanda-tandanya yang lima, yang hanya diketahui oleh Allah.

Kemudian Rasulullah saw. membaca firman Allah Taala: Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat; dan Dia-lah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana ia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

Kemudian orang itu berlalu, maka Rasulullah saw. bersabda: Panggillah ia kembali! Para sahabat beranjak hendak memanggilnya, tetapi mereka tidak melihat seorang pun. Rasulullah saw. bersabda: Ia adalah Jibril, ia datang untuk mengajarkan manusia masalah agama mereka. (Kitab Sahih Muslim [Bahasa Arab saja]: 10)



Untuk calon Istriku tercinta

Senin, 29 November 2010 0 komentar
by. TT    ✈✈ •´¯`•.♥Tris Titi♥.•´¯`•✈✈



Duhai Calon Istriku,
Wanita yang telah Allah takdirkan untuk menjadi calon ibu dari anakku kelak.
Sembahlah Allah semata, jangan pernah engkau menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun yang ada dilangit dan dibumi.Cintailah Allah melebihi kecintaanmu kepadaku.Hanya Allah-lah yang berhak untuk kita cintai melebihi apapun. Janganlah kecintaanmu kepadaku dan anak kita membuat engkau lalai dari mencintai Allah.
Cintailah Allah karena Allah tidak akan pernah menginggalkanmu. Allah adalah yang Maha hidup yang akan selalu bersamamu dan tidak pernah akan meninggalkanmu. Sementara aku suamimu adalah makhlukNya, yang mana aku pasti akan meninggalkanmu, meninggalkan anak kita untuk kembali kepada Dzat yang Maha Kekal. Cintailah Allah dengan segenap jiwa dan ragamu, mohonlah kepada Allah supaya kelak Allah berkenan memberikan RahmatNya untuk mempertemukan dan menyatukan kita didalam SurgaNya.

Duhai Calon Istriku,
Bilamana Allah memberi kehormatan untuk memanggilku kembali terlebih dulu maka janganlah engkau ratapi kepulanganku.
Ketahuilah bahwasannya Allah menjanjikan surga bagi siapa saja yang iklas dan rela apabila diuji dengan kematian orang-orang yang dicintainya. Ketahuilah bahwa aku berdoa kepada Allah untuk menjaga engkau dan anak kita. Allah-lah sebaik-baiknya penjaga amanah. Allah tidak akan menyia-nyiakan doa hambaNya.

Duhai Calon Istriku,
Berbaktilah kepadaku karena ridho Allah adalah ridhoku sebagai suamimu. Surgamu adalah ridhoku.
jadilah istri yang sholehah karena engkau adalah ibu dari anak kita. Panutan utama bagi anak kita. Engkau sebagai wanita telah diberi kerhormatan oleh Allah sebagai tiang (pondasi) agama. Jika rusak akhlakmu sebagai wanita maka rusak pula akhlak keluarga kita, anak kita, bangsa kita dan agama kita.
Jagalah selalu kehormatanmu.

Duhai Calon Istriku,
Marilah kita hidup zuhud didunia ini.
Kita ambil seperlunya saja kebutuhan kita didunia ini dan ambil sebanyak-banyaknya bekal untuk kehidupan yang kekal di akhirat kelak.
Mari kita belanjakan harta kita dijalan Allah.
Janganlah kita berlebih-lebihan (bermegah-megah) didunia ini. Sungguh Allah telah memperingatkanbahwa bermegah-megah akan membuat kita lalai.
Ketahuilah istriku, bahwasanya kelak didalam surga Allah akan memerintahkan kepada para Malaikat untuk mengundang orang-orang yang ketika didunia hidup zuhud untuk menghadiri pernikahan Isa putra Maryam. Tidakkah engkau ingin mendapat kehormatan ini?

Duhai Calon Istriku,
Marilah kita senantiasa berusaha menyisihkan harta kita untuk bersedekah.
Jangan pernah menolak apabila ada orang yang miskin yang meminta sedekah kepadamu, berikanlah walau hanya seratus rupiah atau bahkan hanya dengan sebentuk senyuman.
Ketahuilah istriku, sesungguhnya orang-orang miskin adalah tamu-tamu Allah kelak didalam surga. Tidakkah kita merasa terhormat apabila bisa memberikan harta kita kepada tamu-tamu Allah?
Sungguh Allah tidak akan pernah menyianyikan pemberian hambaNya.

Duhai Calon Istriku,
Surga adalah sebaik-baiknya tempat untuk kita kembali.
Allah telah menjanjikan berjuta kenikmatan didalamnya.
Ketahuilah istrikku, bahwasannya kenikmatan-kenikmatan didalam surga tidak ada nilainya dibandingkan dengan kenikmatan ketika kita bertemu langsung dengan Allah tanpa hijab.
Ketahuilah istriku, bahwasanya kita tidak akan bisa masuk kedalam surga tanpa ijin dan ridho dari Allah.
Bahwa sesungguhnya segala ibadah kita adalah sekedar untuk mendapatkan ijin dan ridho Allah supaya kita dapat memasuki surgaNya.
Maka tujukanlah segala amal ibadah kita kepada Allah, iklaskan semua hanya untuk Allah demi mendapatkan ridhoNya.

Duhai Calon Istriku,
Jadilah engkau pribadi yang pandai bersyukur atas segala pemberian Allah. Karena sesungguhnya Allah telah mencukupkan segala rizki kepada hambaNya. Dan Allah akan terus menambahkan kenikmatan dan rizkiNya kepada hamba-hambanya yang pandai bersyukur.
Bersyukurkah engkau dengan mengingat Allah dan mendirikan sholat.

Duhai Calon Istriku,
Bersabarlah engkau ketika ditimpa musibah. Ketahuilah bahwa Allah tidak akan menimpakan suatu musibah diluar kemampuan kita untuk menanggungnya. Bersabarlah engkau dengan mengingat Allah, dengan mendirikan sholat. Mohonlah pertolongan Allah dengan sabar dan sholat.

Duhai Calon Istriku,
Engkau adalah pakaian untukku, engkau adalah penutup segala aibku.
Ketahuilah bahwasannya junjungan kita Rasulallah Shallallahu Alaihi wa Sallam telah bersabda bahwa seindah-indahnya perhiasan didunia ini adalah istri yang sholehah.
Maka jadikanlah aku laki-laki yang berbahagia karena memiliki perhiasan yang terindah didunia...

Membina Hubungan Baik Antara Suami Dan Istri

Minggu, 28 November 2010 0 komentar



Semua ini karena kurang dipahaminya apa dan untuk apa sebuah rumah tangga, kurang terpenuhinya kebutuhan dasar keluarga.

Bagaimana sebenarnya gambaran sebuah keluarga sakinah tersebut, setiap orang mungkin saja mudah berteori dan mengemukakan konsep baik secara praktis dan empiris tentang suasana kehidupan keluarga sakinah tersebut.

Namun dalam Al quran penjelasan senantiasa merangkaikan kata sakinah (litaskunu) dengan kata-kata mawaddah (kasih) dan rahmah (sayang). Hal ini berarti kesuksesan sebuah kehidupan berkeluarga itu harus dimulai dari rasa tenteram diantara anggota keluarga, baik suami terlebih pihak istri.

Ketenteraman itu sumber dari rasa kasih dan sayang diantara keduanya, sebagaimana dijelaskan Allah dalam Al Quran Surah Ar Rum Ayat 21 yang artinya "Dan di antara tanda-tanda kekuasaan Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya cenderung dan merasa tentram kepadanya dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih sayang, sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir."

Ayat tersebut dapat disimpulkan bahwa tujuan perkawinan dalam Islam ialah untuk mencapai ketenangan hidup yang diliputi kasih sayang lahir bathin dari kedua suami istri, menjaga diri seseorang agar tidak mudah jatuh ke lembah kemaksiatan terutama perzinahan dan untuk mewujudkan keluarga muslim yang sejahtera bahagia, tenteram dan damai serta melambangkan kehidupan menurut ajaran agama Islam sehingga mencerminkan keluarga yang taat menjalankan ibadah.

Rumahku surgaku
Ketenteraman itu lahir akibat menyatunya pasangan suami istri secara lahir dan bathin. Masing-masing baik laki-laki atau pun wanita memiliki kekurangan yang menjadikan hatinya bergejolak, pikiran kacau, tetapi dengan perkawinan/penyatuan (diharapkan) kekurangan itu tersempurnakan, sehingga gejolak tersebut terendam dan kekacauan itu terjernihkan, inilah bagian dari makna hadist Rasulullah SAW: baiti jannati (Rumahku adalah Surgaku)

Hubungan baik antara suami dan istri dapat terbina apabila kita sudah mencapai rumah tangga/keluarga sakinah dan ini Insya Allah akan dapat diraih jika suami istri senantiasa:

Mengingat selalu ijab kabul nikah di mana dia dimeriahkan oleh semua pihak dan kehidupan telah dibuhul dengan suatu ikatan lahir bathin yang di dalamnya tertitip beban dan kewajiban yang suci, berat tapi mulia.
Selalu mengingat dan menghayati ta’liq talak yang diikrarkan dengan sungguh-sungguh di hadapan penghulu dan semua pihak yang telah menyaksikan pernikahan tersebut.Berusahalah dengan sungguh-sungguh mematuhi dan mentaati ketentuan-ketentuan yang berlaku sebagai suami istri;

- Suami adalah pemimpin dan istri adalah wakilnya, masing-masing jangan bertindak sendiri-sendiri yang mengakibatkan kacau balaunya rumah tangga. Suami wajib memberikan nafkah kepada istrinya. Seorang suami yang telah menjalankan kewajibananhya baik berupa nafkah lahir maupun bathin, maka sesungguhnya itu menjadikan Shadaqah baginya. Apabila ada suami tidak bertanggung jawab kepada istri dan anak-anaknya, maka ia termasuk orang yang berbuat dosa dan termasuk sejahat-jahat manusia, sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya: Bersumber dari Abdullah bin Amer bin Ash RA berkata Rasulullah SAW, bersabda: "Cukup berdosa seseorang yang mentelantarkan kepada orang yang menjadi tangyung jawabnya" (HR Abu Daud). Suami yang cinta istrinya tentu tahu akan kewajiban lahir dan bathin, ia tidak sampai mengecewakan istri sekalipun dalam masalah-masalah yang tidak sesuai dengan ajaran agama Islam.

- Istri ialah wanita yang mengerti akan tugasnya sebagai seorang istri. Dia adalah sebagai pemimpin (bertanggung jawab) atas rumah tangga suami dan anak-anaknya. Tanggung jawab seorang istri sangat banyak, tetapi apabila dia bisa mengerjakan maka ia dijamin masuk surga, sebagaimanana yang telah digambarkan oleh Rasulullah SAW dalam hadistnya yang artinya sebagai berikut: "Apabila seorang wanita telah menjalankan shalat lima waktu, puasa bulan Ramadhan, menjaga kehormatan (kesucian) dirinya dan taat kepada suaminya maka masuklah ia ke surga," (HR AlBazzar).

Kewajiban bersama suami istri, hendaknya selalu memupuk rasa cinta kasih sayang, masing-masing harus dapat menyesuaikan diri seia sekata, percaya mempercayai, bermusyawarah untuk kepentingan bersama, saling hormat menghormati, sopan santun, penuh pengertian, matang dalam berbuat dan berpikir serta tidak bersikap Emosional dalam memecahkan persoalan yang dihadapi. Jujur selalu, sabar dan rela atas kekurangan-kekurangan dan kelemahan-kelemahan masing-masing.

Hindarilah perbuatan yang akan mendatangkan keresahan dan keributan dalam rumah tangga. Jangan suka berselisih, perselisihan suami istri bagaikan racun yang mengakibatkan rumah tangga menjadi berantakan. Jangan suka bertindak sendiri tanpa persetujuan bersama agar tidak timbul kesalahpahaman, cemburu buta tanpa alasan, jangan sekali-kali menyakiti/memukul istri atau suami perbuatan ini snagat tercela, istri jangan sampai berbuat "Nuzus" meninggalkan rumah, jangan sekali-kali mengadu/membuka rahasia kepada orang yang tidak berkepentingan dan jangan menghianati keluarga dengan berbuat penyelewengan.

Selalu meningkatkan kesyukuran kepada Allah SWT. "Dan (ingatlah juga) tatkala Tuhanmu memaklumkan, sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (Nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (Nikmat-Ku) maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih" (QS: Ibrahim ayat 7).

Kelima poin di atas apabila dapat kita tanamkan, laksanakan dan amalkan dengan ikhlas dalam kehidupan suami istri dan keluarga Insya Allah akan tercapailah suatu keluarga yang harmonis, rukun dan damai di dalam liputan Rahmat Allah SWT serta dapat tercapainya cita-cita rumahtangga yaitu rumahku adalah surgaku.

Lunak Hati

Sabtu, 27 November 2010 0 komentar

Di sebuah desa di daerah utara yang mempunyai  musim dingin yang panjang  sepanjang tahun, tinggallah sekitar 10 keluarga. 

Walaupun penduduk desa ini sepanjang tahun bekerja keras, hasil pencaharian mereka hanya cukup untuk hidup pas-pasan. 

Kehidupan mereka sangat sederhana dan hemat. Ketika malam hari tiba, gadis-gadis di desa ini akan berkumpul mengerjakan pekerjaan tangan seperti menyulam untuk tambahan kebutuhan hidup. 

Namun untuk penerangan memerlukan uang untuk membeli lilin. Oleh sebab itu gadis-gadis desa ini sepakat setiap malam akan berkumpul di rumah salah seorang untuk bersama-sama bekerja. Mereka akan membagi rata uang lilin, dengan demikian bisa menghemat.

Ada seorang gadis yang sangat miskin yang sama sekali tidak sanggup membeli lilin. Setiap malam dia juga pergi ke rumah tempat gadis-gadis desa berkumpul untuk menyulam di sana. 

Setelah beberapa waktu berlalu, gadis-gadis yang setiap hari bergantian membeli lilin ini mulai merasa keberatan, mereka mulai ingin mengusir dia keluar dari tempat itu.

Gadis ini melihat perbuatan teman-teman sepermainannya sejak kecil, tidak marah, malahan dengan sopan dia berkata kepada mereka.

”Saya tidak sanggup membeli lilin, oleh sebab itu saya sering datang kesini meminjam cahaya, saya tidak bisa mengeluarkan uang sepersen pun untuk perkumpulan ini,  tetapi banyak atau sedikit saya bisa membantu dengan tenaga saya."
"Setiap malam saya datang lebih cepat, setelah sampai saya membersihkan rumah ini, merapikan semua meja dan kursi." 

"Setelah kalian semua tiba, tempat duduk tidak cukup, saya selalu duduk dibelakang kalian, meminjam sedikit cahaya yang dipancarkan melalui dinding untuk melakukan pekerjaan menyulam." 

"Saya sama sekali tidak merepotkan kalian, kenapa kalian demikian pelit tidak mau memberikan kepada saya sedikit cahaya yang dipancarkan dari dinding?” Ujar gadis miskin itu.

Gadis-gadis ini setelah mendengar perkataan gadis miskin ini merasa sangat malu, lalu mereka memutuskan mulai saat itu akan mengangkat gadis ini sebagai pemimpin tempat kerja mereka.

Jangan pelit terhadap sedikit cahaya yang dipancarkan melalui dinding, kelapangan dada anda yang kecil ini, mungkin terhadap orang lain adalah bantuan besar yang sangat berharga.

Nyawa adalah Sebutir Gudang Permata

0 komentar
Di pagi buta, ketika matahari belum terbit, seorang nelayan menuju ke tepi sungai. Di pantai berpasir kakinya menyenggol sesuatu, rupanya adalah sekarung batu.

Dia mengangkat karung ini, meletakkan jaringnya disebelahnya, duduk di pantai menunggu matahari terbit.
Dia sedang menunggu matahari terbit, setelah itu dia akan mulai melakukan pekerjaan sehari-harinya.
Dengan malas dia duduk disana menunggu sambil merogoh sebutir batu dari dalam karung lalu dilemparkan dengan iseng ke dalam sungai, sebelum matahari terbit tidak bisa melakukan apa-apa lagi, lalu dia melanjutkan melempar sebutir demi sebutir batu ke dalam sungai.

Perlahan-lahan, matahari mulai terbit, langit mulai terang, pada saat ini hanya tinggal sebutir batu yang ada ditangannya yang lain sudah dilempar semua kedalam sungai.

Hanya tinggal batu terakhir ditangannya, ketika dia melihat sinar matahari yang menyinari batu yang berada ditangannya ini, hatinya berdenyut dengan kencang seperti akan berhenti. Itu adalah sebutir batu permata! Didalam kegelapan, dia melempar habis satu karung permata ke sungai!
Tanpa sengaja kerugian yang dideritanya ini tak terhitung! Dia mulai memaki diri sendiri yang bodoh, dia sangat menyesal dan mulai meratap sampai hampir kehilangan kesadaran.

Tanpa sengaja dia menemukan harta yang dapat membuat dia hidup senang seumur hidupnya, tetapi tanpa sengaja, didalam kegelapan malam, dia melemparkan semuanya ke dalam sungai. 

Walau begitu dia cukup beruntung karena masih ada sebutir permata yang tersisa, sebelum dia kehilangan sebutir permata yang terakhir ini, hari sudah terang. Dapat dikatakan dia masih cukup beruntung, kebanyakan orang tidak akan seberuntung seperti dia.

Disekeliling terlihat gelap, tetapi waktu berlalu dengan cepat, ketika matahari belum terbit kita sudah menghabiskan seluruh permata dari nyawa kita. 

Nyawa ini adalah sebutir gudang permata yang sangat besar, manusia tidak mempergunakannya dengan sebaik-baiknya, hanya menyia-nyiakannya.

Ketika kita sadar betapa pentingnya nyawa ini, kita telah menghabiskan seluruh waktu yang tersisa. Rahasia dari kehidupan, gembira, belas kasih, bijaksana….. seluruhnya telah terbuang habis. Kehidupan seseorang berlalu begitu saja.

Hati Nurani

0 komentar


Ada seorang tua berupaya agar ketiga anaknya memperoleh lebih banyak pengalaman hidup. Suatu saat ia berkata kepada ketiga anaknya itu.
"Kalian pergilah merantau, setelah 3 bulan kalian kembali kerumah, ceritakan pengalaman yang paling berkesan selama kalian merantau, saya akan melihat perbuatan diantara kalian bertiga yang paling bisa dibanggakan,” katanya.
Ketiga anaknya setelah mendengar perkataan bapaknya, mulai melakukan perjalanan.
Tiga bulan berselang, mereka bertiga sudah kembali ke rumah, bapaknya bertanya kepada mereka perbuatan yang paling bangga yang telah mereka lakukan. Satu persatu anak-anaknya mengisahkan pengalaman mereka.
"Saya bertemu dengan seseorang, dia menitipkan sekantong permata berharga kepada saya, dia sendiri tidak tahu berapa jumlah permata didalam kantong itu, jika saya mengambil beberapa butir dia juga tidak akan tahu, ketika orang ini mengambil titipannya, saya menyerahkan seperti semula tanpa saya buka sama sekali,” kisah si anak sulungnya.

Setelah mendengar cerita anak sulungnya itu, bapaknya berkata kepadanya.
"Ini hal yang memang harus engkau lakukan, jika engkau mengambil beberapa butir, coba engkau pikirkan engkau akan berubah menjadi orang apakah?” komentar si Bapak.
Putra sulungnya mendengar komentar bapaknya, menganggapnya benar lalu pergi mengundurkan diri. Anak keduanya ganti menceritakan pengalamannya. 

“Suatu hari saya melihat ada seorang anak kecil terjatuh di air, saya lalu menolongnya, keluarganya memberi saya hadiah besar, saya tidak menerimanya,” cerita anak kedua.
Mendengar kisah anak keduanya itu, bapaknya mengatakan kepadanya.
“Inipun memang yang seharusnya engkau lakukan, jika engkau melihat anak kecil itu mati tenggelam,  apakah hatimu bisa tenang?" kata Bapaknya.
Setelah anak kedua mendengar komentar bapaknya itu, ia tidak berkata apapun. Lalu anaknya yang paling bungsu mengisahkan juga pengalamannya.


“Pada suatu hari saya melihat seorang yang sakit pingsan dipinggir jurang di jalan pegunungan, jika sedikit membalikkan badan saja sudah akan terjatuh dalam jurang, saya mendekatinya melihat, orang itu rupanya adalah musuh besar saya, dahulu beberapa kali saya berpikir untuk membalas dendam, tetapi tidak punya kesempatan, sekarang kesempatan ini muncul, saya tidak memerlukan tenaga mendorong, dia sudah akan terjatuh ke dalam jurang,  tetapi saya mengantarnya pulang ke rumah,” kisah anak bungsu.
Bapaknya tidak menunggu dia habis berbicara, lalu dengan memuji ia mengatakan kepadanya.
“Perbuatan kedua kakakmu melakukan hal yang memang secara hati nurani dilakukan setiap orang, tetapi perbuatanmu dengan budi membalas rasa dendam, itu adalah perbuatan yang sangat terpuji.”
Melakukan perbuatan yang memang harus dilakukan, adalah hal yang wajar yang tidak mengkhianati hati nurani, tetapi melakukan perbuatan yang tidak ingin dilakukan, barulah hal itu membuat hati nurani ini dapat bersinar terang.


Cerita diatas, mengisahkan ketiga bersaudara ini melakukan hal yang tidak menyimpang dari permintaan hati nurani, anak sulung tidak tamak, anak kedua menolong orang yang kesusahan, kedua perbuatan ini adalah hal yang wajib dan memang seharusnya dilakukan oleh semua manusia. Sedangkan anak bungsu yang mempunyai dada yang lapang dan mau memaafkan musuhnya, malahan menolong musuhnya, hati nuraninya menyuruh dia tidak melakukan hal yang jahat, malahan bisa melakukan perbuatan baik yang tidak semua orang bisa lakukan, terlihat dari sini dia melupakan seorang yang bisa menjadi panutan bagi orang lain.

Fadhilah Sholat Subuh Berjamaah

Jumat, 26 November 2010 0 komentar
Andaikata mereka mengetahui pahala shalat ‘atamah (Isya’) dan subuh, niscaya mereka akan mendatanginya meskipun dengan merangkak (al-Bukhari dan Muslim)

Salah satu shalat yang paling berat dilaksanakan secara berjama’ah adalah shalat subuh. Kita lihat di masjid-masjid, ketika iqamat subuh dikumandangkan, jama’ah yang ada kebanyakan hanya satu shof saja. Bahkan, kebanyakan lagi, satu shof saja tidak full, dari tembok kiri hingga tembok kanan. Bahkan tak jarang shalat subuh di masjid hanya dihadiri oleh beberapa orang yang tidak lebih dari jari satu tangan.

Kondisi ini sangat disadari oleh Rasulullah saw sejak mula, meskipun di saat itu para shahabat senantiasa menjaga shalat secara berjama’ah. Empati dan kehalusan perasaan Rasulullah saw itu kemudian mendorong beliau untuk bersabda seperti di dalam hadis di atas, “Andaikata mereka mengetahui pahala shalat Isya’ dan Subuh, niscaya mereka akan mendatanginya meskipun dengan merangkak”

Bisakah kita bayangkan, orang antri berjam-jam untuk mendapatkan kupon beras murah? Pernahkan kita mendengar orang sampai rela pingsan hanya untuk mendapatkan jatah bantuan tunai yang besarnya hanya Rp. 500.000,-. Tetapi pernahkah kita mendengar orang antri untuk berwudlu sebelum shalat subuh? Kemudian mari kita bandingkan, mengapa mereka rela antri demikian berat hanya untuk keuntungan dunia yang tidak seberapa, sementara untuk mendapatkan besarnya pahala yang tidak terperikan kita enggan?

Subhanallah… Demikian mendalam penjelasan Rasulullah saw tersebut. Untuk mendatangi jama’ah shalat subuh, bahkan kalau tak bisa berjalan, tidak ada pemandu, dengan merangkak pun tetap akan dilakukannya. Kira-kira sebesar apa pahala yang ada pada shalat Subuh itu sehingga orang yang mengetahui keutamaannya akan mau berangkat untuk jama’ah Subuh, meskipun dengan merangkak?

Berikut ini adalah beberapa keutamaan shalat subuh yang dijelaskan di dalam al-Qur’an maupun hadis. Barangkali, ini belum seluruh keutamaan tergambarkan. Meski demikian, dengan mengetahui kutamaan-keutamaan yang ada di dalam shalat subuh ini semoga kita terpacu untuk ikut melakukan shalat subuh secara berjama’ah. Bahkan kalau seandainya harus merangkak pun, semoga kita tetap mau melaksanakannya… Amin;

1. Jaminan Masuk Surga dan Selamat dari Neraka
Disebutkan di dalam sebuah hadits bahwa siapa saja yang menjaga shalat Shubuh dan Ashar maka akan dimasukkan ke dalam Surga dan dijauhkan dari api neraka. Rasulullah saw bersabda,

مَنْ صَلَّى الْبَرْدَيْنِ دَخَلَ الْجَنَّةَ (رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ وَفِي رِوَايَةِ مُسْلِمٍ قَالَ) لَا يَلِجُ النَّارَ مَنْ صَلَّى قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا

“Barang siapa yang shalat di dua waktu yang sejuk maka dia akan masuk surga.” (al-Bukhari dan Muslim). Dan dalam riwayat Muslim beliau bersabda, “Tidak akan dijilat api neraka seseorang yang shalat sebelum Matahari terbit dan sebelum tenggelam.”
Yang dimaksudkan dengan dua waktu yang sejuk adalah waktu shalat Shubuh dan shalat Ashar. Bahkan Imam Muslim meletakkan hadis tersebut di dalam bab tentang Keutamaan Shalat Subuh dan Asar.

2. Disaksikan Malaikat
Allah swt berfirman, “Dirikanlah shalat dari sesudah Matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) Subuh. Sesungguhnya shalat Subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (al-Isra’:78)
Shalat Shubuh, disebut Qur’anul Fajr karena bacaan al-Qur’an pada shalat ini lebih panjang daripada shalat-shalat yang lain. Terkait dengan ini, Nabi saw menjelaskan dalam sebuah haditsnya,

يَتَعَاقَبُونَ فِيكُمْ مَلَائِكَةٌ بِاللَّيْلِ وَمَلَائِكَةٌ بِالنَّهَارِ وَيَجْتَمِعُونَ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ وَصَلَاةِ الْعَصْرِ ثُمَّ يَعْرُجُ الَّذِينَ بَاتُوا فِيكُمْ فَيَسْأَلُهُمْ رَبُّهُمْ وَهُوَ أَعْلَمُ بِهِمْ كَيْفَ تَرَكْتُمْ عِبَادِي فَيَقُولُونَ تَرَكْنَاهُمْ وَهُمْ يُصَلُّونَ وَأَتَيْنَاهُمْ وَهُمْ يُصَلُّونَ

“Malaikat saling bergantian dalam mengawasi kalian semua pada waktu malam, dan juga malaikat pengawas di waktu siang, mereka berkumpul pada waktu shalat Shubuh dan shalat Ashar. Kemudian malaikat yang berjaga malam hari naik, lalu Allah bertanya kepada mereka tentang hamba-hamba-Nya sedangkan Allah lebih tahu keadaan mereka, “Bagaimana keadaan hamba-hamba-Ku ketika kalian tinggalkan? Maka para malaikat menjawab, “Kami tinggalkan mereka dalam keadaan shalat, dan ketika kami datang mereka pun juga sedang dalam keadaan shalat.” (HR al-Bukhari dan Muslim)

3- Allah Bersumpah dengan Waktu Fajar
Allah swt bersumpah dengan menggunakan waktu itu, Dia berfirman, “Demi fajar, dan malam yang sepuluh.” (al-Fajr:1-2)
Sesuatu digunakan untuk bersumpah karena memiliki nilai penting. Orang bersumpah dengan nama Allah untuk menyumpahi sesuatu. Allah digunakan untuk bersumpah oleh manusia karena Allah adalah dzat yang peling penting bagi hidupnya. Demikian juga, ketika Allah bersumpah dengan menggunakan sebuah makhlukNya, ini menunjukkan makhluk tersebut memiliki nilai penting yang besar.

4- Mendapatkan kebaikan yang lebih besar dari kebaikan dunia
Jika sempat melaksanakan dua rekaat qabliyah Shubuh, maka akan mendapatkan kebaikan yang lebih besar dari pada kebaikan dunia dan seisinya, sebagaimana sabda Rasululah saw.

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنْ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا
“Dua raka’at Fajar (sebelum Shubuh) lebih baik daripada dunia seisinya.” (HR Muslim)

Jika kebaikan dunia dengan segala isinya tidak dapat menyamai dua rakaat sebelum Shubuh maka bagaimana lagi keutamaan shalat Shubuh itu sendiri.

Dengan mengingat begitu banyak kebaikan yang ada pada shalat subuh secara berjama’ah di masjid, alangkah indahnya jika itu semua menjadi milik kita. Sebaliknya, betapa ruginya jika kebaikan dan keutamaan sebanyak itu tidak sedikit pun bisa kia raih. Sungguh bahagia orang-orang yang mau memerangi hawa nafsu, bangkit meninggalkan kasur dan selimut mereka. Berjuang keras melawan segala yang menariknya ke tempat tidur, rasa kantuk, dingin, malas dan lain sebagainya.

Semoga kita tidak terbuai dengan bisikan setan, shg tidak mau dan sangat malas untuk sholat subuh berjamaah dengan alasan paginya harus bangun dan tidur sudah malam.Tapi itulah tipu daya setan laknatullah (yang dilaknat Allah).

Terkikisnya Makna Gotong Royong di Tengah Masyarakat

0 komentar
Selama ini gotong royong dianggap sebagai kearifan lokal bangsa Indonesia yang diwariskan secara turun temurun di setiap generasi. Istilah gotong royong dapat dimaknai sebagai “bekerja bersama-sama dalam menyelesaikan pekerjaan dan secara bersama-sama menikmati hasil pekerjaan tersebut secara adil. Atau suatu usaha atau pekerjaan yang dilakukan tanpa pamrih dan secara sukarela oleh semua warga menurut batas kemampuannya masing-masing. Dengan kata lain gotong royong dapat dimaknai sebagai saling tolong menolong untuk mengerjakan sesuatu, khususnya sesuatu yang bermakna sosial.

Jika dilihat lebih dekat, dapat dikatakan bahwa gotong royong adalah manifestasi dari sifat dasar manusia yang dalam rentang sejarah filsafat umumnya disepakati sebagai mahkluk sosial. “mahkluk sosial yang serba butuh”

Dilihat dari sudut pandang agama, khususnya agama Islam, gotong royong adalah salah satu perwujudan dari nilai-nilai kemanusiaan dan kemasyarakatan yang dikandung oleh Islam.

Dengan melihat perbandingan antara makna denotatif gotong royong dengan sifat dasar manusia dan nilai-nilai yang dikandung oleh agama, tentu saja gotong royong adalah sebuah produk budaya yang pantas untuk dilestarikan. Tapi, dewasa ini makna gotong royong – khususnya bagi masyarakat kota – kian terkikis.

Proses pergeseran dan pengikisan makna gotong royong ini tak diragukan lagi memicu pertanyaan; apa yang menyebabkan hal ini sampai terjadi? Secara umum dapat dikatakan bahwa masyarakat kota semakin sibuk dengan urusan mereka masing-masing, jawaban ini ada benarnya, tapi menurut saya ada faktor-faktor lain yang membuat makna gotong royong kian terkikis.


Melalui analisa singkat diatas, dapat dilihat dengan lebih jernih mengapa masyarakat saat ini cenderung untuk memberi konotasi baru pada budaya gotong royong. Semakin mengguritanya kapitalisme telah membuat sebagian besar masyarakat larut dalam kompetisi dan melupakan semangat berbagi yang terkandung dalam gotong royong. Lebih jauh lagi, semangat kompetisi dan individualisasi yang dibawa oleh kapitalisme telah memitoskan gotong royong menjadi sesuatu yang tidak menyenangkan.


Gotong royong merupakan budaya bangsa Indonesia sejak dahulu. Gotong royong dapat dimaknai sebagai sebagai saling tolong menolong untuk mengerjakan sesuatu, khususnya sesuatu yang bermakna sosial. Lebih jauh lagi, gotong royong ini didasari oleh semangat kekeluargaan, sukarela dan tanpa pamrih.

Akhirnya dapat disimpulkan bahwa kapitalisme yang semakin menggurita telah ‘memperkosa’ setiap aspek kehidupan hingga mengikis lokal yang sebenarnya pantas untuk dilestarikan. Untuk menyikapinya, setiap orang harus mengambil sikap kritis dalam memandang dunia ini, dan hindari sikap “take for granted alias menerima begitu saja”, dengan begitu diharapkan warisan kita yang diturunkan tanpa surat wasiat” ini akan dapat terjaga dan tidak tergilas oleh roda zaman.

Derajat Cinta

0 komentar
Cinta, indah dirasa namun siapakah yang bisa mendefinisikannya? Cinta adalah anugerah, cinta adalah perjuangan, cinta adalah hidup, cinta adalah api, cinta adalah ikatan suci, cinta adalah sandiwara hati, dan segudang kata lainnya yang biasa digunakan untuk menerjemahkan cinta dalam uraian kalimat. Cinta, satu kata yang sarat akan misteri yang tak terpecahkan oleh kedahsyatan logika. Kekuatan cinta dahsyat manakala sudah merasuk dan menancapkan panah-panahnya di ruang terdalam manusia. Cinta memiliki energi yang luar biasa, yang jika telah menetes di segumpal daging dalam dada manusia akan memberikan kekuatan yang luar biasa. Cinta mampu membentuk jiwa heroik dari seorang manusia yang super pengecut. Sebaliknya, cinta pun mampu meluluhlantahkan angkara murka dan keangkuhan yang keras membaja. Banyak manusia yang terangkat derajatnya karena cinta. Namun tak sedikit pula manusia yang akhirnya berhasil dipecundangi oleh cinta.
 
 
Kehidupan, kematian dan cinta adalah tiga serangkai yang saling berkait satu sama lain. Kehidupan membutuhkan rasa cinta agar terwujud ketenteraman. Kematian pun membutuhkan cinta yang dapat menjadi bekal untuk bertemu kepada Sang Pemilik Cinta yang hakiki. Kematian akan menjadi penilai derajat cinta yang senantiasa dipuja-puja dalam kehidupan.


Siapapun bisa jatuh cinta. Betapapun angkuh dan melimpahnya harta seseorang, bertekuk lutut pulalah ia manakala cinta datang menyapa. Betapapun lemah dan miskinnya seseorang, pun tak mampu menghindar dari dahsyatnya kekuatan cinta yang menjalar.


Cinta, bisa membuka mata namun juga sering kali membutakan para pecinta yang salah dalam meletakkan rasa cinta itu sendiri baik tempat, waktu, kadar ataupun levelnya.


Jika dipandang melalui kacamata Islam, paling tidak ada tiga macam cinta yang terbagi dalam tiga derajat. Derajat cinta menjadi syarat yang sangat menentukan manakala seorang manusia hendak mengapresiasikan rasa cinta dalam kehidupannya. Kadar dan level atau derajat cinta yang telah tersusun dengan sempurna ini hendaknya tidak diputar balikkan, bila tidak maka keberkahan cinta pun niscaya akan hilang. Cinta hanyalah menjadi luapan nafsu duniawi yang tidak bernilai apa-apa di hadapan Yang Memiliki Cinta, Allah Azza Wa Jalla. Bahkan pengapresiasian rasa cinta yang tumpang tindih sangat boleh jadi mengundang kemurkaan Allah swt, karena cinta semacam inilah yang akhirnya berpotensi sangat besar untuk mendatangkan kemaksiatan.


 
“Katakanlah: “Jika bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai dari Allah dan RasulNya dan dari berjihad di jalan nya, Maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-NYA”. dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik” QS. At Taubah (9) : 24


Merujuk pada Kalamullah di atas, maka derajat cinta dapat dikategorikan menjadi tiga macam.


Derajat Cinta Tertinggi
Derajat cinta yang menempati level pertama atau tertinggi adalah Cinta kepada Allah swt. Cinta kepada Allah swt ini tidak bisa dicurahkan dengan seenak hati, melainkan memiliki tata cara yang wajib untuk dikerjakan. Pengapresiasian rasa cinta kepada Allah swt dapat dilihat di dalam Kitabullah Al Quran, di sana terdapat berbagai cara untuk menunjukkan dan membuktikan rasa cinta kepada Allah swt.

Kemudian dalam perjalanannya, untuk menghindari terjadinya kesalahpahaman, keraguan, ketidak jelasan dan sebagainya, maka segala sesuatunya harus dikerjakan berdasarkan petunjuk dari Rasulullah swt. Hal ini didasarkan kepada beberapa Kalamullah berikut:


“Katakanlah (Muhammad): “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah Aku (Muhammad), niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” QS. Al Imraan (3) : 31

Kesalahan dalam menerapkan pembuktian rasa cinta kepada Allah swt (yang tidak sesuai dengan Al Quran dan Sunnah Rasulullah saw), justru akan menghindarkan seorang pecinta dari Cintanya, Allah Azza Wa Jalla. Oleh karena itu, menuntut ilmu untuk mencari langkah yang benar dalam menjalankan cinta tertinggi menjadi menu wajib bagi setiap manusia khususnya umat muslim.

Sabda Rasulullah saw, “Barang siapa mengerjakan amal perbuatan tanpa dasar perintah Kami maka ia tertolak”. HR. Muslim

Intinya, cinta kepada Allah swt dan Rasulullah saw merupakan rasa cinta yang memiliki derajat tertinggi yang harus dibuktikan dengan hati, lisan, dan amal perbuatan sebagaimana tujuan utama diciptakannya manusia adalah untuk beribadah, mengabdi, atau berjihad hanya kepada Allah swt.

“dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” QS. Adz Dzariyaat:56

Setiap rasa cinta pastilah membutuhkan pembuktian, dan pembuktian dari cinta kepada Allah swt adalah dengan Jihad Fii Sabilillah.


 
Derajat Cinta Menengah
Posisi selanjutnya ditempati oleh cinta terhadap segala sesuatu ciptaan Allah swt, seperti orang tua, keluarga, suami/istri, kerabat, sahabat, sesama manusia, harta benda, pekerjaan/jabatan. Cinta semacam inilah yang menempati derajat menengah. Cinta semcam inilah yang menimbulkan adanya ikatan batin, kasih sayang dan saling membutuhkan antar sesama manusia sehingga terciptalah satu kehidupan keluarga atau masyarakat yang tenteram.

Rasa cinta terhadap harta benda dan pekerjaan/jabatan yang sewajarnya, tidak membabi buta, melainkan dengan kesadaran dan tujuan guna menjadikannya sebagai media untuk memperoleh harta dan derajat ukhrawi yang lebih mulia di hadapan Allah swt.

“Sedang kehidupan akhirat adalah lebih baik dan lebih kekal.“ QS. Al A’la (87) : 17


Derajat Cinta Terendah
Cinta semacam inilah yang sering kali mencoreng fitrah dari rasa cinta itu sendiri. Cinta dengan derajat cinta terendah ini mengarah kepada rasa cinta yang senantiasa mengedepankan segala sesuatu selain kepada Allah swt dan Rasul-Nya beserta jihad fii sabilillah. Cinta kepada selain Allah swt, Rasulullah saw dan jihad fii sabilillah secara berlebihan sehingga sering kali melupakan atau bahkan menghilangkan rasa cinta kepada Allah swt.
Banyak manusia yang dibutakan oleh cinta terendah semacam ini. Ia memutar balikkan posisi dan kadar derajat cinta terendah dengan cinta tertinggi. Berawal dari cinta terendah inilah maka berbagai kemaksiatan kepada Allah swt pada akhirnya menjamur. Kecintaan orangtua, keluarga, suami/istri, kerabat yang akhirnya mengesampingkan perintah dan larangan Allah swt. Kecintaan terhadap lawan jenis yang akhirnya sering kali membuat para pecinta menerobos lingkaran setan dan melepaskan segala atribut ketakwaan. Kecintaan terhadap harta benda dan jabatan yang tidak sedikit menjadikan para pecintanya menjadi sosok yang tamak dan senang memakan bangkai saudaranya sendiri.

Cinta, datang dan perginya tidak dapat diprediksi. Bijaksananya, manakala ia menghampiri dan menyapa pada kita, perlakukanlah ia sebagaimana hak yang terdapat padanya (sesuai dengan derajat dan porsinya)

“Katakanlah (Muhammad): “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah Aku (Muhammad), niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” QS. Al Imraan (3) : 31







 Wallahua’lam

Tolong-menolong dalam Islam

0 komentar
Sekali lagi di sini penulis mengatakan bahwa Islam adalah dien yang rahmatan lil’alamin, yaitu rahmat bagi semesta alam. Dengan kata lain dapat dinyatakan bahwa Islam merupakan agama yang sarat akan manfaat dan maslahat baik bagi individu maupun sosial. Islam adalah dien yang senantiasa mengajarkan untuk memberikan manfaat dan maslahat kepada sesama manusia maupun sesama ciptaan Allah swt.
Tolong-menolong memang telah menjadi satu bagian yang tidak dapat di hilangkan dari ajaran Islam. Islam mewajibkan umatnya untuk saling menolong satu dengan yang lain. Segala bentuk perbedaan yang mewarnai keidupan manusia merupakan salah satu isyarat kepada umat manusia agar saling membantu satu sama lain sesuai dengan ketetapan Islam.

Islam memang telah mewajibkan kepada umatnya untuk saling menolong satu sama lainnya. Namun demikian, Islam pun memberikan batasan terhadap apa yang telah diajarkannya tersebut. Dien Islam merupakan sebuah ajaran Robbani yang berisikan hukum-hukum dan aturan-aturan. Maka apa yang telah diajarkan di dalam Islam pun tidak dapat dilakukan dengan semaunya sendiri, melainkan ada petunjuk atau yang di dalam istilah kesehatan biasa kita temukan, “Baca aturan pakai”.

Untuk itu, hendaknya umat Islam juga harus mengerti benar mengenai tolong-menolong yang diajarkan di dalam Islam tersebut. Aturan pakai untuk menggunakan atau menjalankan ajaran untuk saling tolong-menolong ini tentu saja hanya terdapat di dalam Al Quran dan Hadits, karena Islam adalah dien yang sumber utama ajarannya adalah Al Quran dan Hadits.


Aturan pakai yang untuk melaksanakan ajaran saling tolong-menolong yang terdapat di dalam Al Quran di antaranya adalah sebagai berikut:

“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.” (QS. Al-’Ashr: 1-3)

“Dan tolong-menolong engkau semua atas kebaikan dan ketaqwaan.” (QS. Al-Maidah: 2)


Selain itu, Islam juga kembali memberikan keterangan tambahan untuk dapat menjalankan perintah saling tolong-menolong tersebut dengan benar yang terdapat di dalam hadits Rasulullah saw sebagai berikut:

Dari Abdur Rahman bin Zaid bin Khalid al-Juhani ra., katanya: ” Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa yang memberikan persiapan – bekal – untuk seseorang yang berperang fisabilillah, maka dianggaplah ia sebagai orang yang benar-benar ikut berperang – yakni sama pahalanya dengan orang yang ikut berperang itu. Dan barangsiapa yang meninggalkan kepada keluarga orang yang berperang – fi-sabilillah – berupa suatu kebaikan- apa-apa yang dibutuhkan untuk kehidupan keluarganya itu, maka dianggap pulalah ia sebagai orang yang benar-benar ikut berperang.” (Muttafaq ‘alaih)

Dari Abu Said al-Khudri ra. bahwasanya Rasulullah saw mengirimkan suatu pasukan sebagai utusan untuk memerangi Bani Lihyan dari suku Hudzail, lalu beliau bersabda: “Hendaklah dari setiap dua orang berangkat salah seorang saja dari keduanya itu – maksudnya setiap golongan supaya mengirim jumlah separuhnya, sedang separuhnya yang tidak ikut berangkat adalah yang menjamin kehidupan keluarga dari orang yang ikut berangkat berperang itu, dan pahalanya adalah antara keduanya – artinya pahalanya sama antara yang berangkat dengan yang menjamin keluarga yang berangkat tadi.” (HR. Muslim)

Dari Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma bahwasanya Rasulullah saw bertemu dengan sekelompok orang yang berkendaraan di Rawha’ – sebuah tempat di dekat Madinah, lalu beliau bertanya “Siapakah kaum ini?” Mereka menjawab: “Kita kaum Muslimin.”.

Kemudian mereka bertanya: “Siapakah Tuan?” Beliau menjawab: “Saya Rasulullah.” Kemudian ada seorang wanita yang mengangkat seorang anak kecil di hadapan beliau lalu bertanya: “Adakah anak ini perlu beribadat haji?” Beliau menjawab: “Ya dan untukmu – wanita itu – juga ada pahalanya.” (HR. Muslim)


Dari Abu Musa al-Asy’ari ra. dari Rasulullah saw bahwasanya beliau bersabda:

“Juru simpan yang Muslim dan dapat dipercaya yang dapat melangsungkan apa yang diperintahkan padanya, kemudian memberikan harta yang disimpannya dengan lengkap dan cukup, juga memberikannya itu dengan hati yang baik – tidak kesal atau iri hati pada orang yang diberi, selanjutnya menyampaikan harta itu kepada apa yang diperintah padanya, maka dicatatlah ia – juru simpan tersebut – sebagai salah seorang dari dua orang yang bersedekah – juru simpan dan pemiliknya.” (Muttafaq ‘alaih)


Dalam riwayat lain disebutkan:
“Yang memberikan untuk apa saja yang ia diperintahkan.” Para ulama lafaz almutashaddiqain dengan fathah qaf serta nun kasrah, karena tatsniyah atau sebaliknya – kasrahnya qaf serta fathahnya nun, karena jamak. Keduanya shahih.


Islam adalah ajaran yang bernilai Robbaniyah, yang di dalamnya terkandung hukum-hukum dan aturan-aturan untuk kemaslahatan umat manusia. Untuk itu, dalam mengaplikasikan ajaran-ajaran Islam pun tidak dapat dilakukan dengan seenaknya saja, melainkan harus mengerti benar mengenai aturan-aturannya atau aturan pakainya. Untuk perintah saling tolong-menolong tersebut, Allah swt juga telah memberikan standar aturan pakai yang harus diikuti dengan baik dan benar. Barang siapa mencoba untuk menjalankan di luar aturan pakai yang telah ditetapkan itu, maka bersiaplah untuk tidak mendapatkan hasil apa-apa dari apa yang telah dilakukannya. Atau bahkan, bersiaplah untuk over dosis karena telah menjalankan sesuatu di luar takarannya. 


Aturan pakai standar yang dapat kita tarik dari Al Quran dan Al Hadits di atas kurang lebih adalah sebagai berikut:
“Saling tolong menolong hanya dapat dilakukan di atas rel-rel kebenaran, yakni tetap dalam ketaatan, keimanan dan keislaman. Kemudian, saling tolong-menolong juga harus dilakukan dengan penuh kesabaran sebagai bentuk bakti atau ibadah kepada Allah swt, melaksanakan perintah Allah swt dan meninggalkan segala bentuk larangan-Nya.”


Itulah beberapa poin yang menjadi aturan pakai dalam mengaplikasikan tolong-menolong menurut ajaran Islam, yang intinya adalah bahwa tolong-menolong hanya boleh dilakukan dalam rangka untuk mencapai  maslahat dan ridho Allah swt semata. Barang siapa melakukan tolong-menolong di luar itu, maka bersiaplah untuk tidak mendapatkan balasan apapun dari Allah swt atas apa yang telah diusahakannya. Atau bahkan bersiaplah untuk mendapat murka Allah swt karena melakukan tolong-menolong di luar aturan pakai yang telah ditetapkan, misalnya tolong-menolong dalam kemaksiatan, tolong-menolong dalam perkara yang dapat merusak keislaman atau keimanan, tolong-menolong dalam melanggar aturan-aturan Allah swt dan lain sebagainya.



Islam adalah ajaran yang rahmatan lil’alamin. Oleh karena itu, Islam mengajarkan saling tolong-menolong dalam rangka untuk mencapai  maslahat dan ridha Allah swt, bukan dalam rangka bermaksiat kepada Allah swt.

Akhlakul Karimah

0 komentar

Akal dan nurani seorang setiap manusia dapat dilihat melalui kelakuan yang biasa ia tampakkan dalam keseharian. Dengan kata lain, akhlak merupakan satuan ukuran yang digunakan untuk mengukur ketinggian akal dan nurani seseorang.

Aisyah ra pernah menuturkan: 

Rasulullah bukanlah seorang yang keji dan tidak suka berkata keji, beliau bukan seorang yang suka berteriak-teriak di pasar dan tidak membalas kejahatan dengan kejahatan. Bahkan sebaliknya, beliau suka memaafkan dan merelakan”. (HR. Ahmad) 

Al-Husein cucu Rasulullah saw menuturkan keluhuran budi pekerti beliau. Ia berkata: “Aku bertanya kepada ayahku tentang adab dan etika Rasulullah saw terhadap orang-orang yang bergaul dengan beliau, ayahku menuturkan: “Beliau saw senantiasa tersenyum, luhur budi pekerti lagi rendah hati, beliau bukanlah seorang yang kasar, tidak suka berteriak-teriak, bukan tukang cela, tidak suka mencela makanan yang tidak disukainya”.
Seorang lelaki menemui Rasulullah saw dan bertanya, “Ya Rasulullah, apakah agama itu?”. Rasulullah saw menjawab, “Akhlak yang baik”. Kemudian ia mendatangi Nabi dari sebelah kanannya dan bertanya, “Ya Rasulullah, apakah agama itu?”. Nabi saw menjawab, “Akhlak yang baik”. Kemudian ia menghampiri Nabi saw dari sebelah kiri dan bertanya, “Ya Rasulullah, apakah agama itu?”. Dia bersabda, “Akhlak yang baik”. Kemudian ia mendatanginya dari sebelah kirinya dan bertanya, “Apakah agama itu?”. Rasulullah saw menoleh kepadanya dan bersabda, “Belum jugakah engkau mengerti? Agama itu akhlak yang baik”. (al-Targhib wa al-Tarhib 3:405)
Nabi saw bersadba, “Aku menjamin sebuah rumah di surga yang paling tinggi bagi orang-orang yang berakhlak baik”. (HR. Abu Dawud)

Dengan demikian, ibadah dan akhlak merupakan pasangan yang tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya. Ibadah dan akhlak laksana pohon dengan buahnya. Kualitas akhlak merupakan cermin dari kualitas ibadah seseorang. Setiap manusia pastilah memiliki akhlak. Dan setiap akhlakqul karimah merupakan buah dari ketaataannya kepada Allah swt.
Kata akhlak secara etimologi berasal dari kata al-akhlaaqu yang merupakan bentuk jamak dari kata al-khuluqu yang berarti tabiat, kelakuan, perangai, adat kebiasaan atau khalqun yang berarti kejadian, buatan, ciptaan. Jadi secara etimologi akhlak itu berarti perangai, tabiat atau sistem perilaku yang dibuat.

Pengertian Akhlak
Secara terminologi, akhlak adalah pola perilaku yang berdasarkan kepada dan memanifestasikan nilai-nilai Iman, Islam dan Ihsan.
Menurut Imam Ghazali, akhlak yaitu suatu keadaan yang tertanam di dalam jiwa yang menampilkan perbuatan dengan senang tanpa memerlukan penelitian dan pemikiran.
Sedangkan karimah berarti mulia, terpuji, baik. Apabila perbuatan yang keluar atau yang dilakukan itu baik dan terpuji menurut syariat dan akal maka perbuatan itu dinamakan akhlak yang mulia atau akhlakul karimah.

Peranan Akhlakul Karimah Dalam Kehidupan
Aqidah yang kuat merupakan akar bagi tegak dan kokohnya bangunan Islam. Kemudian syariah dan ibadah merupakan cabang-cabang yang akan membuatnya semakin rimbun, tampak subur, teduh dan kian menjulang. Sementara akhlak adalah buah yang akan dihasilkan oleh pohon yang berakarkan aqidah serta bercabang syariah dan berdaun ibadah. Pohon yang baik, tentunya akan menghasilkan buah yang baik. Maka aqidah, syariah serta ibadah yang mantab tentunya akan menghasilkan akhlak yang mantab pula, yaitu akhlakul karimah.
Akhlak merupakan salah satu faktor kehidupan yang sangat mendasar dan vital. Hal ini dibuktikan dengan diutusnya Rasulullah saw ke muka bumi ini yang tidak lain adalah untuk menyempurnakan akhlak umat manusia, sebagimana tertuang dalam salah satu hadits Rasulullah saw yang artinya:
Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia”. (HR. Bukhari, Baihaqi, dan Hakim)
Selain itu, Rasulullah saw juga bersabda:
“Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)
Berdasarkan hadits di atas, dapat dilihat bahwa sesungguhnya akhlak yang mulia bukan hanya diperuntukkan bagi umat muslim saja, namun bagi seluruh manusia.
“dan Tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam”. QS. Al Anbiyaa: 107
Ayat ini dikaitkan dengan hadits yang berbunyi “Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia”. (HR. Bukhari, Baihaqi, dan Hakim) menyiratkan satu isyarat bahwa Rasulullah saw diutus untuk akhlak manusia yang merupakan kunci untuk mendapatkan rahmat Allah swt. Akhlak mulia menjadi salah satu perintah vital di dalam Al Quran yang dilaksanakan dengan meneladani Rasulullah saw.

Aisyah ra. ditanya mengenai akhlaq Rasulullah saw, maka beliau menjawab “Akhlaq Rasulullah adalah Al Quran”. (HR. Muslim)
Dunia ini adalah alam sosialis yang mengharuskan setiap manusia atau bahkan hewan dan tumbuhan untuk dapat saling berinteraksi dengan baik. Dan itulah urgensi dari akhlakul karimah, sebagai sarana yang dapat melahirkan kehidupan sosial yang tenteram tanpa gontok-gontokan.
Pada hakikatnya, hidup adalah untuk beribadah kepada Allah swt semata sebagaimana firman Allah swt yang artinya:
dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” QS. Adz Dzariyaat:56
Dan tentunya, ketenteraman dalam beribadah akan semakin mudah diraih manakala ketenteraman kehidupan pun ada. Dan ketenteraman hidup tentunya akan sangat membutuhkan timbal balik akhlakul karimah antar individu.
Nabi saw bersabda, “Tahukah kalian siapa orang yang bangkrut?”. Mereka menjawab, “Orang yang bangkrut adalah orang yang tidak mempunyai uang dan harta”. Beliau lalu menjelaskan, “orang yang bangkrut di antara umatku adalah orang yang datang pada hari kiamat dengan membawa shalat, puasa dan zakatnya. Namun ia pernah mencela orang, mencaci orang, memakan harta orang, memukul dan menumpakan darah orang. Maka iapun harus memberikan pahala baiknya kepada orang-orang itu. Jika amal baiknya sudah habis sebelum dibayar semua, diambillah dosa mereka untuk diberikan kepadanya. Maka iapun dilemparkan ke neraka.” (HR. Muslim dan Tirmidzi)
Rasulullah saw bersabda, “Demi Allah tidak beriman, Demi Allah tidak beriman, Demi Allah tidak beriman”. Mereka bertanya, “Siapa ya Rasul?”. Beliau menjawab, “Orang yang tetangganya merasa tidak aman dari keburukannya.” (HR. Muslim dan Imam Ahmad)

Beberapa orang datang kepada Rasulullah saw. Mereka berkata, “Wahai Rasulullah, fulanah terkenal rajin mengerjakan shalat, berpuasa dan berzakat. Hanya saja, ia sering menyakiti tetangganya”. Rasul saw menjawab, “Dia di neraka”. Lalu disebutkan ada seorang wanita yang shalat, puasa dan zakatnya biasa saja tetapi ia tidak menyakiti tetangganya. Maka Rasul saw menjawab, “Dia di surga”.
Bagaimana mungkin seorang yang rajin beribadah dapat masuk neraka, sementara yang biasa-biasa saja masuk surga hanya karena yang rajin beribadah suka menyakiti tetangganya sedangkan yang biasa-biasa saja tidak pernah menyakiti tetangganya? Mudah saja. Loginya, seorang yang biasa menyakiti tetangganya tentunya ia mempunyai hutang yang harus dibayar di akhirat. Bagaimana jika hutang atau dosa kepada tetangganya itu ternyata jauh lebih besar ketimbang amal ibadahnya? Tentu saja jawabannya adalah “Neraka”. Yang harus kita ingat adalah, kita tidak pernah tahu bahwa keburukan yang kita lakukan kepada sesama dan kita anggap sepele ternyata besar di mata Allah swt karena meninggalkan luka yng teramat mendalam di hati hamba-Nya. Sebaliknya, kita juga tidak pernah tahu manakala amala ibadah yang kita sangka sangat besar, ternyata sangat sepele bahkan tidak bernilai di mata Allah swt karena berunsur riya’ dan sebagainya. Wallahua’lam

Syarat-Syarat (Kriteria) Akhlak
Suatu perbuatan dapat dikategorikan sebagai akhlak jika ia memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut:
  1. Dilakukan berulang-ulang (continue). Jika dilakukan sekali saja atau jarang-jarang maka tidak dapat disebut sebagai akhlak. Sebagai contoh: jika seseorang tiba-tiba memberi hadiah kepada orang lain karena alasan tertentu maka orang tersebut tidak dapat dikatakan berakhlak mulia.
  2. Timbul dengan sendirinya, tanpa pikir-pikir atau ditimbang berulang-ulang karena perbuatan itu telah menjadi kebiasan baginya. Jika suatu pernuatan dilakukan setelah dipikir-pikir dan ditimbang-timbang, apalagi karena terpaksa maka perbuatan itu bukanlah pencerminan akhlak. (Ensiklopedi Islam, Jilid I, 1993:102)

Sifat Akhlak Islami
Bagaimanakah yang dimaksud dengan akhlak Islami? Akhlak Islami bersumber dari Al Quran dan Al Hadits, sifatnya tetap (tidak berubah-ubah) dan ia berlaku untuk selamanya-lamanya. Sedangkan etika dan moral hanya bersumber dari adat istiadat dan pikiran manusia, ia hanya berlaku pada waktu tertentu dan di tempat tertentu saja, ia selalu berubah-ubah (berubah-ubah seiring bergantinya masa dan kepemimpinan). Perkataan etika berasal dari bahasa Yunani, yaitu Ethos yang berarti kebiasaan. Adapun arti moral dari segi bahasa berasal dari bahasa latin, mores yaitu jamak dari kata mos yang berarti adat kebiasaan. Baik dan buruk dalam pandangan akhlak adalah bergantung pada Al Quran dan Hadits yang selamanya tidak akan pernah berubah. Sedangkan dalam pandangan etika dan moral, baik dan buruk adalah bergantung kepada adat istiadat dan pemikiran manusia yang masih berlaku di suatu waktu dan tempat.

KESIMPULAN
Kemuliaan akhlak adalah maklumat utama bagi ajaran Islam sebagaimana yang ditegaskan oleh Rasulullah saw tentang tujuan pengutusan beliau ke muka bumi:
Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia”. (HR. Bukhari, Baihaqi, dan Hakim)
Berdasarkan pengertiannya, maka akhlak bukanlah sesuatu yang ada dan melekat pada diri seseorang dengan sendirinya, melainkan ditanam dan dilekatkan melalui suatu usaha atau proses (pembiasaan).
Fungsi akhlakul karimah dalam kehidupan adalah sebagai buah dari satu-satunya latar belakang diciptakannya manusia, yaitu untuk beribadah (menyembah) kepada Allah swt. Karena akhlakul karimah merupakan cermin dari berbagai aktivitas ibadah kepada Allah swt. Tanpa buah (akhlakul karimah) ini maka ibadah hanyalah sebagai upacara dan gerak-gerik yang tidak memiliki nilai dan manfaat apa-apa.

Nikah, Ibadah yang Paling Indah

Rabu, 24 November 2010 0 komentar
Ibunda dan Ayahanda yang sangat saya hormati, saya cintai dan sayangi, semoga Allah selalu memberkahi langkah-langkah kita dan tidak putus-putus memberikan nikmatNya kepada kita. Amin
Ibunda dan Ayahanda yang sangat saya hormati..sebagai hamba Allah, saya telah